Contoh Pertanyaan Interview Kerja dan Tips Menjawabnya

Setelah lulus kuliah, mayoritas orang akan berpikir untuk mencari kerja ataupun lanjut kuliah lagi semisal S2. Pada proses mencari kerja pun tidak mudah seperti yang kita harapkan. Mulai dari tes awal semisal psikotes, tes online atau tes wawancara.

Contoh Pertanyaan Interview Kerja dan Tips Menjawabnya
Interview Kerja
Nah, tes wawancara sendiri biasanya pada tahapan lanjutan atau juga biasanya berada di tahap akhir. Jadi, tahapan ini sangat penting dalam menentukan seorang untuk lulus atau tidak. Selain berdoa, tentunya berusaha juga adalah wajib. Salah satu bentuk usaha yang bisa dilakukan yaitu dengan mempelajari tentang interview atau wawancara.

Pada kesempatan kali ini, artikel blog akan coba berbagi ke teman-teman sekalian tentang contoh pertanyaan interview kerja dan juga tips dalam menjawab pertanyaan tersebut.

Langsung simak saja ulasannya di bawah ini.

Perkenalan Diri

Pada pertanyaan awal biasanya seorang HR akan meminta anda untuk memperkenalkan diri. Tapi hati2 ya, disini justru malah jadi point penting untuk bisa merebut atensi HR.

Ketika diberi kesempatan u/ menjelaskan diri, pertama HR akan melihat cara kamu menilai dan menceritakan diri kamu sendiri kepada orang lain.

Karena dengan cara kamu bercerita tentang diri kamu, mulai terlihat karakter dasar kamu seperti apa, cara bicara gimana, pola pikir, dll.

Inget, rata2 anak HR adalah lulusan psikologi/paham ngegali orang dari teknik interview, jadi dari impresi pertama, kamu harus menguasai ya!

Do's 👍

  • Salam hangat, sapa semua orang yg ada disana
  • Bercerita tentang pribadi & data diri kamu secara singkat
  • Cerita tentang pekerjaan dan apa jobdescnya
  • Coba fokus ke skill & kompetensi yg bisa kamu jual di posisi itu
  • Jika non pengalaman, bisa kamu cerita aktivitas sehari2

Don'ts 👎

  • Menyampaikan data pribadi terlalu detail dan bertele2
  • Cerita hobi, ini jadiin intermezzo aja, jangan dijadiin komponen pertama pas perkenalan diri
  • Cerita sifat semu, semisal "Saya siap bekerja keras dan bertanggung jawab demi kemajuan perusahaan"
  • Mengiba perusahaan

Pengetahuan Tentang Perusahaan

Masih pertanyaan standar, terkesan basa basi memang dari HRD, tapi ini penting.

Sebagai jobseeker, WAJIB & KUDU banget yah tau seluk beluk perusahaan yg lagi dilamar.

Pertanyaan ini ngepoin sejauh mana kamu tau tentang perusahaan ini. Cara menjawab ?

Santai, googling bisa kok, search aja nama perusahaan, pelajarinvisi misi dan history perusahaan mereka berdiri gimana.

Tapi jangan dihafal, minimal kamu memahami perusahaan itu gerak di bidang apa, bisnisnya kek gimana, saingannya siapa, dll.

Natural lah intinya.

Alasan Melamar

Jangan terkecoh ya, pertanyaan ini biasanya akan menggali seberapa sih motivasi kerja kamu. Kebanyakan orang biasanya bakalan jawab, karena perusahaannya besar, gajinya tinggi, dll.

Nope, kalo menurut gua hindari yg hal-hal seperti ini. Karena bagaimanapun, kalo nyebut gaji di awal, akan terdengar materialistis.

Pun kalo mencari perusahaan yg nyaman, atau kamu bilang tempat kerja sebelumnya ga bagus, mostly para HR akan berpikir: "Wah ini anak kalo cabut nanti jelek2in kita juga nih ?"

Jadi jangan, saran gua. Sebaiknya, ceritain kenapa kamu passionate sama perusahaan ini.

Bisa dimulai karena kamu tertarik dengan core bisnisnya, atau juga background pendidikan kamu cocok atau memang kamu ngerasa ya ngerasa skill kamu bisa masuk di perusahaan itu.

Positive vibe only.

Paham tentang Posisi yang akan dilamar

Nah kalo 3 pertanyaan tadi udah berhasil kamu jawab, pertanyaan berikutnya adalah ini

Kalo ini, kamu harus tau banget ya kamu lagi ngelamar apa, jangan sampe blank/kosong sama sekali gambaran posisi kerjaan yg kamu apply !
A lil tips :
  1. Ketika ngelamar, catet ! Kadang karena saking banyaknya ngelamar jadi lupa nama posisinya
  2. Kalo udah, googling, itu posisi apaan ya ? Browsing lah sampe kamu mendapatkan 'big picture' nya
  3. Jelaskan dari sudut pandang kamu ya, jangan plek2an dari internet !

Tahu Lingkungan Kerja yang kamu mau

Nah ini disini HRD akan berusaha menggali ritme dan gaya kerja kamu kayak gimana
  1. Seneng sendiri atau lebih demen ramean ?
  2. Kompetitif atau kooperatif ?
  3. Demua bisa 'ditelanjangin' disini
Saran gua, stay true to yourself ya 😁

Hal apa yang bisa kamu berikan ke perusahaan

Nah, pertanyaan ini juga umum nih ditanya

Kalo bisa, kaitin sama pengalaman kerja/ilmu yg lu punya dengan harapan lu ketika kerja di tempat baru ya.

Semisal, lu bisa lebih cepet kerjanya karena punya ilmu ini, itu, dll.
Nah terus baru deh diclosing dengan punchline versi lo.

Maksudnya punchline, setelah lo ngejual apa yg lo punya, terus benefitnya buat perusahaan lu jelasin.

Misal, kerjaan jadi lebih cepet, atau lo bisa bikin sesuatu yg baru disitu.

Inget, tapi jangan melebih2kan ya.

Alasan berhenti dari pekerjaan sebelumnya

Pertanyaan yg paling sulit buat jobseeker nih, biasanya 😂

Mau jujur, takut dianggep jelek

Mau boong, takut keliatan boongnya, apalagi kalo dicrosscheck.

Jadi gimana, menurut kalian ?
Saran dari gua adalah, jelasin aja apa adanya, tanpa menjelekkan pihak manapun.

Semisal karena ya abis kontrak, ga lolos probation, atau ya karena simply lingkungan kerjanya ga sehat untuk fisik/mental.

Gapapa, HR lebih appreciate kandidat yg jujur apa adanya kalo buat hal ini
Kenapa gaboleh?

Disitu keliat tingkat kedewasaan menghadapi konflik dan bagaimana gatasinnya

Resign/berhenti kerja memang jadi problem buat orang, bahkan ada yg ga nyaman cerita.

Yg penting, lu dewasa dalam menyampaikan sesuatu, dan berani menghadapi kegagalan lu kemarin.

Apa yang dilakukan saat menghadapi situasi kerja yang tidak menyenangkan

Di pertanyaan ini, jujur, ga ada benar/salah

Karena setiap orang, punya cara masing2 untuk menghandle stress/ketika kena situasi yg ga menyenangkan.

Yang HR ingin kepo adalah, lu orangnya cukup dewasa dan bertanggung jawab ga dengan tugas2 ketika nanti bekerja ?

Atau malah orang yg menunda / menghindari konflik dan menelantarkan pekerjaan ?

Ya intinya, jujur.

Akan menjadi salah ketika lu berbohong dan itu bukan yg lu banget.

Sedang ada proses tes kerja di tempat lain gak?

Nah, disini HR pengen mastiin status kamu gimana. Apakah available bisa dihire cepet ? Atau lagi ada proses di tempat lain ?

Kalo emang lagi lamar di tempat lain, sampein apa adanya sejauh apapun itu proses yg lo lagi jalani.

Bisa dibilang sesama HR tuh rebut2an kandidat, apalagi kalo kandidatnya tuh all-star alias bagus banget buat dipekerjakan.

Jadi, kalo kamu jujur nyampein, HR bisa banget loh hire kamu lebih cepet, karena ga kepengen kamu keduluan sama HR di tempat lain.

Enak loh direbutin gitu 😋

Berapa gaji di tempat kerja sebelumnya

Nah, HRD biasanya akan nanya, sekalian mastiin juga harga yg pantes buat kamu tuh berapa sih.

Bahkan ada HRD yg sampe minta slip gaji sebelumnya kamu, supaya makin yakin juga.

Dipersilahkan memberi pertanyaan

Yap, kalo kamu udah ngedenger pertanyaan ini, biasanya sesi interview sudah berakhir

Yeay, congrats ! Tinggal closing yg cantik ya setelah kamu ditanya2.

Intinya, harus nanya, tunjukkin antusiasme dan motivasi positif lo disini.

Kesan baik = Hasil baik
Nah, setelah selesai, biar makin tokcer hasilnya, coba tonton video gua yg ini deh 😁

Berguna banget tips nya biar hasil kalian makin positif setelah selesai keluar ruangan interview ke HRD nya.

Yah, kira2 gitu aja sih pertanyaan basic/umum yg sering muncul pas interview.

Sisanya sih beda2 ya tiap orang, tergantung arah/alur interview lu pada aja.

Biasanya HRD juga akan nanya hal yg lebih detail, kalo lu punya banyak pengalaman.

Teknik interviewnya pake BEI 😁

Coba cari di youtube aja mengenaik teknik ini.

Mudah2an artikel ini bermanfaat ya. Terima kasih dan bagikan artikel ke teman kalian lainnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

4 Responses to "Contoh Pertanyaan Interview Kerja dan Tips Menjawabnya"

  1. klo interview biasakan jujur aja sih, pede nggak usah byk nutupin perihal pribadi. klo ketahuan bakalan fatal.hhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya mbak bener. Jujur pada hal yg positif. Kalo ada hal negatif lebih baik dibenerin sebelum daftar kerja. Jadi, sebelum dapat interview sudah bisa jujur apa adanya.

      Delete
  2. Sewaktu saya di terima kerja dahulu, pertanyaan Interviewnya mudah banget. awalnya sih deg -deg-an, khawatir ngak bisa jawab, hahahah.....

    Informasinya bermanfaat sekali gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kang terkadang interview itu tidak sesulit yg dibayangkan tergantung keberuntungan masing2 orang juga... sama rezeki tentunya :D

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung.
Silahkan memberi Komentar, Kritik, dan Saran terkait postingan.
Jangan lupa dibagikan jika postingan ini bermanfaat.

Catatan:
1. Komentar dimoderasi dan tidak semuanya dipublikasi.
2. Komentar yang tidak relevan dan/atau terdapat link tidak akan dipublikasikan.
3. Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel